Kamis, 08 Juli 2010

Sang Dokter Tiger.

Saat awal saya menyatakan untuk menulis artikel mengenai bengkel ini, sang empunya bengkel seperti agak ragu untuk menyetujuinya. Dia bilang sih, takut jadi terkenal. Tapi setelah saya menunjukkan wajah memelas dan menyatakan bahwa tidak ada maksud apapun selain meramaikan tulisan di blog Bogorianz ini sang empunya bengkel pun dengan senyum kumis kucingnya menyatakan persetujuannya. Tapi untuk selanjutnya, atas permintaan pribadi, dia minta nama beken-nya tidak usah disebut, cukup inisial saja. Yang ini pun saya menyetujuinya, toh nggak disebut nama, juga para Bogorianz sudah hafal wajah ganteng berkumis ala Chuck Norris ini.

Memang menulis mengenai bengkel ini, bakalan tidak lepas daris sosok sang empunya bengkel, yang untuk selanjutnya saya sebut sebagai “kang R” ini. Nama bengkelnya adalah Randi Motor dan terletak persis disamping kantor kelurahan Cilendek Barat, Jalan Raya Cilendek Barat. Saya yang dari Cisarua jika berniat berkunjung ke bengkel ini akan melewati jalur Ciawi – Baranangsiang – plasa Jambu Dua – Jalan Baru – mall Yogya – lampu merah Yasmin belok kiri – mall Giant – belok kiri di lampu merah sebelum jembatan. Dari situ sekitar 1km bakalan ketemu kantor kelurahan Cilendek Barat, nah bengkel Randi Motor berada di samping kantor kelurahan tersebut. Pertama kali saya ke bengkel ini, malah saya kira kang R ini adalah pak lurahnya he.. he...

Asal judulnya motor, bisa diobati!


Bengkelnya sendiri tidak seberapa luas dan hanya menempati lahan sekitar 4x3 meter saja. Tapi dari bengkel ini, kebanyakan Barudak HTML Bogor sudah merasakan kedahsyatan sentuhan tangan si kang R ini. Biasanya bengkel yang buka mulai jam 8 pagi ini bakalan menjadi ramai oleh warga Bogorianz menjelang kegiatan turing. Mereka kebanyakan meminta agar honda tigernya dicek dan di servis supaya tidak bermasalah nantinya selama perjalanan turing. Akan perilaku ini, kang R biasanya sendiri sudah hafal. Tanpa banyak tanya dan komentar si macan biasanya langsung dikorak-korek, digosok-gosok dan dielus-elus, dari mulai karburator, klep, busi saringan udara, dan sebagainya. Terakhir disembur pakai air putih plus kembang tujuh rupa! Dijamin si tiger larinya bakalan mak nyus……..



Bang, abang HTML ya? keliatan deh dari kumisnya...!!

Kang R yang mulai usaha perbengkelannya sejak tahun 2000 ini memang seorang anggota HTML Bogor. Satu tahun sejak mendirikan bengkel Randi Motor ini dia langsung bergabung dengan HTML Bogor dan merupakan salah satu “generasi fosil” HTML Bogor, seangkatan dengan bro Farhan, bro Dorri dan bro Agung. Dan sesuai dengan keahliannya, para Bogorianz jika melakukan turing akan lebih tenang jika kang R ini ikut serta. Dalam berkali-kali HTML Bogor melakukan turing, kang R ini sudah membuktikan keahliannya dalam mengobati macan-macan yang sakit selama perjalanan. Terakhir kali kemarin, dalam turing gabungan HTML ke TAB dan IMHB di Bandung, beberapa tercatat ada 2 motor yang trouble yaitu motor bro Sandi dan bro Topik. Dalam tempo singkat setelah ditangani kang R ini, kedua motor pun melaju kembali.


 Kang "dokter", tenggelam di dalam deretan pasien-nya.

Sosok yang mengaku belajar mesin dan teknik perbengkengkelan dari sang kakak ini sempat pula bekerja di bengkel AHASS-nya Honda sebagai kepala mekanik. Maka tak heran dengan yang namanya mesin motor honda dia sudah hafal seluk beluk dan penyakitnya. Walaupun demikian para pemilik kendaraan roda dua merk lain tidak perlu khawatir. Dia pun mahir menyembuhkan semua jenis dan merk motor yang lain, dari bebek, matic dan motor sport. Untuk penyakit dan kerusakan motor, kang R ini mampu menangani dari yang ringan sampai yang berat. Dari sekedar servis harian hingga turun mesin, apalagi kalau cuma ganti oli.

Pelanggan bengkel ini pun datang dari berbagai kalangan. Dari pekerja kantoran, anak klub, penyuka turing, ABG hingga ibu-ibu PKK. Biaya pun tidak mencekik. Dan yang bukan anggota HTML pun harap tenang bro, karena yang datang duluan bakalan ditangani duluan, gak perduli anda HTML atau bukan, apalagi kalau yang bawa motornya cewek bohay he.. he….

Jika bro dan sis bermaksud menservis motornya baik servis harian atau servis berat, jangan ragu-ragu untuk bertanya. Kang R yang sehari-harinya hanya ditemani seorang asisten ini akan menjawab semua pertanyaan mengenai keruasakan motornya dengan ramah, tentu saja disertai senyum maut kumisnya itu. Berbagai macam settingan motor juga mampu ditangani oleh kang R ini. Mau settingan motor untuk harian ke pasar atau kantor, speed rider buat yang suka kebut-kebutan atau untuk turing jarak jauh.

Si akang R yang suka gonta-ganti motor ini (8 kali ganti motor dan semuanya honda tiger) juga seorang penyuka turing. Setiap turing di HTML Bogor, dia selalu ditugaskan sebagai mekanik yang bertanggung jawab menganalisa dan memperbaiki motor peserta turing yang bermasalah. Bulan yang lalu dia baru balik dari Yogyakarta dalam rangka turing nasional HTML Goes To Adisucipto Air Base.

No commernt dah....!


Dan jika anda berniat menservis motor anda di bengkel kang R ini, saran saya harap berangkat pagi-pagi banget, bila perlu nyubuh deh. Kesiangan dikit biasanya anda bakalan menunggu berhubung banyak nya motor sakit yang antri guna ditangani kang dokter eh kang R ini…….

(Ditulis oleh Herry wongkeb)

7 komentar:

  1. d'radit arroganovic10 Juli 2010 pukul 23.13

    MAK NYUS..!!!

    si emas yg bisa menjadi bukti ketangguhan tangan artis action hollywood merangkap dokter ini.. xixixiiiii...

    BalasHapus
  2. Saya sudah muter" tapi ga ketemu..mohon kontak mekaniknya biar jelas posisinya dmana
    Karna skrng posisi kelurahan sedang di alihkan.jadi posisinya agak rumit.trimakasih

    BalasHapus
  3. Mohon nomer kontak.saya g nemu bengkelnya.

    BalasHapus
  4. Saya sudah muter" tapi ga ketemu..mohon kontak mekaniknya biar jelas posisinya dmana
    Karna skrng posisi kelurahan sedang di alihkan.jadi posisinya agak rumit.trimakasih

    BalasHapus
  5. @Om Mu'is : Punten, kabar terakhir si Akang mekanik sekarang sudah pindah ke Sukabumi, itu artikel dibuat sebelum si akang-nya pindah ke sana. Tapi sekarang yang mengelola bengkelnya adalah adiknya, mekanik handal juga. Kalau perlu info bengkel handal buat motor tiger atau motor lainnya silahkan ngariung di kopdaran kita, atau join dulu di facebbok HTML Bogorianz ya... salam.

    BalasHapus