Rabu, 18 Agustus 2010

TNT HTML 2010, Harmony In Differences.

 Prolog.


Sebulan sebelum pelaksanaan, saat HTML simpul wilayah Bogor ditunjuk sebagai panitia TNT (Turing Napak Tilas) HTML 2010, sempat terjadi sedikit keraguan dalam menerima tugas tersebut. Hal tersebut dikarenakan waktu pelaksanaan yang bertepatan dengan bulan suci ramadhan dan waktu persiapan yang sangat mepet. Sudah terbayang kesulitan dalam mempersiapkan segala sesuatunya pada acara tersebut. Dari kesulitan mendapatkan sponsor acara, rasa takut akan sedikitnya jumlah peserta yang bakal hadir hingga susahnya koordinasi kepanitian ke BOS dan korwil wilayah lain. Beberapa kali rapat intern pun belum mendapatkan kata sepakat, sebagian Bogorianz masih ragu, sebagian usul agar TNT diundur pelaksanaannya dan sebagian lain berprinsip maju terus apapun resikonya.

Tapi akhirnya setelah mendapatkan banyak masukan, baik dari BOS Bogor sendiri maupun BOS pusat mengenai pentingnya makna TNT ini, maka dengan membulatkan tekad serta keteguhan niat, HTML Bogor pun siap menjalankan amanat ini. Dan di waktu yang semakin sempit, serta diantara kesibukan kerja para Bogorianz, kita pun berbenah dengan prinsip “jurus tandur”, maju terus pantang mudur! Kepanitian segera dibentuk, proposal disiapkan, survey dijalankan, rapat kepantiaanpun ngebut digelar! Targetnya hanya satu, mensukseskan acara TNT HTML 2010 tanggal 16-17 Agustus 2010 di Cibodas!

---------------- *** -------------------



Maka, dihari itu, 16 Agsutus 2010, setelah lebih kurang 10 hari efektif berkoordinasi dengan semua seksi maka hari pelaksanaan TNT HTML 2010 pun tiba. Pemberangkatan panita dari Bogor ke Cibodas dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama berangkat pukul 16.00 dengan tikum di Taman Kencana. Sedang kelompok kedua berangkat pukul 20.00 dengan tikum di ILP. Sedang saya, berhubung selesai ngajar dari Cibubur jam 16.00, terpaksa berangkat terpisah. Saya, bro Genta, Bro Jeje dan bro Ega janjian untuk bersama-sama berangkat setelah buka puasa dengan tikum di kantornya bro Genta, kantor PLN Cipayung.

Selepas maghrib saya tiba di kantor bro Genta, ternyata ketiga Bogorianz itu baru saja menyelesaikan buka puasa. Sayapun bersegera sholat maghrib dan berbuka puasa di warung padang di seberang jalan. Setelah semuanya siap, kita pun meluncur menuju Cibodas menembus dinginnya hawa dingin daerah puncak yang habis diguyur hujan. Di sekitar pasar Cisarua saya turun dari boncengan tiger bro Genta guna mengambil helm dan jas hujan di rumah. Perjalanan pun dilanjutkan. Di pertigaan gerbang taman safari, satu orang bogorianz lagi, bro Kubil beserta boncengernya, bergabung dengan rombongan kami.

Setelah 20 menit perjalanan disertai rasa deg-degan karena dibawa nikung sampai miring-miring oleh bro Genta, sekitar jam 20.00 kami pun sampai di Kebun Raya Cibodas. Para Bogorianz kelompok pertama yang berangkat jam 16.00 terlihat sudah berada di lokasi. Terlihat ada bro Doni sang korwil, bro Irfan sang PIC, bro Dorry, bro Uchu, bro Farhan, bro Tessy, bro Enjup, bro Hassy, bro Lucky serta bro-bro lainnya. Sambil menunggu para Bogorianz lainnya kami pun asyik bercanda. Hawa dingin Cibodas terusir dengan menyruput kopi susu panas. Kemudian susul menyusul bermunculan para Bogorianz lainnya dengan menunggangi tiger masing-masing. Ada bro Dona, bro Denmas, bro Ale, bro Ical, bro Topik, bro Agil, bro Eko, bro Adi, bro Rashim, bro Dani, bro Irman, bro Anto, bro Igi, bro Eno dan tentu saja sang founding father HTML Bogor bro Ferdon serta bogorianz lainnya yang datang susul menyusul.

Bogorianz : exis, optimis, manis, narsis!

Sekitar jam 21.00, sebagian bogorianz sudah berada di lokasi dan segera melakukan briefing guna menempatkan petugas di posnya masing-masing. Penugasan ke arah lokasi terbagi menjadi empat ring. Ring 1 mengarahkan para peserta, ring 2 dan 3 mengurusi bagian ticketing, ring 4 mengarahkan menuju titik lokasi. Detik-demi detik, jam demi jam, dalam kesiapan panitia dan waktu tunggu yang semakin lama, menjelang pukul 22.00 belum ada tanda-tanda para HTML-ers wilayah lain muncul. Sempat terfikir, jangan-jangan apa yang kita khawatirkan bahwa TNT kali ini bakal sepi pengunjung terjadi. Tapi menjelang pukul 23.00, satu-persatu, rombongan demi rombongan, tamu-tamu HTML dari wilayah lain memasuki area TNT, sebuah pendopo di tengah hamparan rumput. Semakin malam, semakin banyak peserta TNT yang datang, hingga area parkir yang disediakan penuh dengan motor honda tiger. Sepertinya para brother dan sister HTML ini kebanyakan menyelesaikan sholat tarawih dulu baru meluncur ke Cibodas. Dari rekap data panitia selesai acara, terhitung ada 215 member HTML yang menghadiri acara ini. Mereka berasal dari berbagai simpul wilayah di sekitar Jakarta, diantaranya dari keseluruhan simpul wilayah DKI Jakarta, Lampung, Tangerang, Bekasi, Depok, Cibinong, Cilegon, Bandung dan tentu saja Bogor sebagai tuan rumah. Juga ada tamu dari PATRIC dan NITRO. O ya, tema TNT kali ini adalah “Harmony In Differences” yang mengandung makna selaras atau harmony dalam perbedaan, baik perbedaan pemikiran, perbedaan pemahaman, perbedaan pandangan, dll yang akan selalu selaras atau harmony didalam satu semangat, yaitu semangat persaudaraan.

Jembatan kenangan menuju lokasi.....


Sekitar jam 24.00 barulah acara sepertinya siap dimulai, mundur 3 jam dari waktu yang direncanakan (!). Acara dibuka oleh BOS Bogor, bro Ridho. Setelah itu bro Idhoy dari BOS pusat dan bro Dinar, HTML 001 juga tidak lupa memberikan sambutannya. Oleh bro Idhoy dijelaskan mengenai arti penting TNT bagi HTML sebagai sebuah momentum untuk berkonsolidasi baik intern maupun ekstern HTML. Sedang bro Dinar menyoroti TNT sebagai sebuah sejarah yang mempunyai arti yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan oleh semua member HTML. Kilas balik perjalanan HTML dari awal (kurang lebih 8 tahun yang lalu) serta nostalgia turing HTML pertama kali disampaikan oleh bro Adoel dari HTML Bandung yang dipaparkan dengan santai dan kocak. Beberapa uraian dari bro Adoel ini sempat terlupa saat saya menuliskannya kembali. Untunglah saya menemukan kembali tulisan mengenai turing pertama kali ini di account FB-nya bro Fajar Is, berikut saya tuliskan kembali yang ternyata persis sama seperti yang diceritakan oleh bro Adoel.

Sekilas sejarah Napak Tilas Touring Cibodas 17 Agustus:

Pada Juli 2002, beberapa member milis yang sudah lama berinteraksi lewat dunia cyber ini mencetuskan ide untuk bertemu di darat seiring peringatan 17 Agustusan. Kopdar resmi Perdana pun akhirnya dilaksanakan, Sabtu 10 Agustus 2002. Bro Elmo yang mengajukan lokasi Kopdar Patung Panahan Parkir Timur Senayan sebagai titik kumpul. Hadir Jojo (002), Yayan Gemuk (005, sesepuh Detic), Rio Harahap (003, Wakil Ketua HTCI), Pujo Van Trouble (006), Firman (004), Ali Uhui (014), Recky Sigalarki (050), M.Joni (010), Tatok (007). Mereka membicarakan rencana Turing Perdana milis honda-tiger ke Puncak pada 17 Agustus 2002.

Event turing perdana akhirnya terlaksana, dengan dibantu oleh Jakarta Tiger Club (JTC) dan dikomandani Eko Sukardi Ketua Umum JTC ketika itu.

Rombongan pun berangkat pada sabtu pagi, tanggal 17 Agustus 2002 dari titik keberangkatan di Bidakara. Sesampai di Puncak, tercetuslah ide untuk emproklamirkan milis honda-tiger menjadi sebuah komunitas. Nama Honda Tiger Mailing List (HTML) yang diusulkan sebelumnya oleh Tatok di milis pada 9 Agustus 2002 pun diresmikan menjadi nama paguyuban ini. Kepengurusan kecil saat itu juga dibentuk dan orang-orangnya ditunjuk secara aklamasi. Jojo sebagai Ketua, Bendahara Firman, Operasional I Adoel, Operational II Tatok, Sekretaris I Mjoni dan Jon Warta sebagai Sekretaris II.
Karena itu turing perdana 17 Agustus pun disepakati menjadi hari lahirnya Komunitas Honda Tiger Mailing List. (Yang kini selalu diperingati oleh HTML dengan Turing Napak Tilas)




HTML-ers yang hadir, adakah anda diantara mereka?



Acara berikutnya adalah pertunjukan slide yang dibuat oleh bro Joe dari HTML Bogor yang disimak dan ditonton dengan antusias oleh para HTML-ers. Sesekali ruangan pendopo terguncang oleh gelak tawa dikarenakan slide yang dipertontonkan mengandung gambar lucu atau kenangan manis. Kemeriahan acara bertambah dengan pembagian door prize. Para BOS, korwil dan PIC acara saling bergantian mengambil kupon buat mereka yang beruntung mendapatkan hadiah malam itu. Ada pelumas, payung, goodie bag dan accesoris motor. Para peserta TNT yang beruntung bergantian maju ke depan guna mengambil hadiah yang dibagikan.

Slide show, tertawa bersama melihat memori masa lalu.....


Acara selanjutnya adalah api unggun dan pembacaan do’a serta penutup. Saat penutupan, bro Idhoy dari BOS pusat mengingatkan agar HTML-ers mempersiapkan diri menyambut acara dasa warwa HTML. Mengenai waktu, tempat dan acara akan diberitahukan kemudian.

Yang sibuk, yang lapar, yang trouble, yang ngaso, komplit dah!



PIC dan staff kaos : ngitung anggaran, facebook apa point blank? xixixi....


Sekitar pukul 02.30 pagi,  keseluruhan acara rampung digelar, rombongan-demi rombongan pun meninggalkan kebun raya Cibodas kembali ke rumah masing-masing. Sejenak keheningan malam menjelang subuh itu terpecahkan oleh raungan ratusan motor tiger yang meninggalkan lokasi TNT. Setelah itu, kami panitia pun membereskan segala perlengkapan acara dari mulai sisa kaos, sisa konsumsi, proyektor, laptop dan segala tetek bengek lainnya. Dan setelah beres, kami semua pun meninggalkan lokasi. Tidak lupa panitia menyempatkan diri makan sahur bersama di sebuah rumah makan padang tidak jauh dari kebun raya Cibodas. Oke, HTML-er sampai jumpa di acara Dasa Warsa HTML, keep brotherhood has no limit, keep harmony in differences……

Thanks to :
- Perwakilan BOS Pusat (bro Idhoy dan bro Dinar, yang telah membuka dan mengisi acara).
- Bro Adoel atas paparan kilas balik TNT-nya.
- Bro Denmas Bembeng, pak Broto dan semua sponsor.
- Bro Fajar Is (yang tulisan mengenai TNT I saya copy untuk artikel ini).
- Semua HTML-ers yang telah hadir.




Reported by Herry Wongkeb-Bogorianz.

8 komentar:

  1. wooowww...pertamaaax
    iihh ada akyuuu

    BalasHapus
  2. Brotherhood has no limit!!

    Dana
    Depokers

    BalasHapus
  3. Nice report bogorianz :thumbsup:

    mohon ijin copas ke web KHTI.

    BalasHapus
  4. Mantapsss.....sukses slalu braders...
    BRAVO HTML............

    BalasHapus