Kamis, 28 Oktober 2010

Sepuluh Tahun HTML!

Our brotherhood has no limit has already for 10 yers! 
(HTML di gunung Bromo)
 
Pengantar.
Masa lalu adalah masa lalu. Tapi orang bijak mengatakan bahwa masa lalu akan menentukan masa kini dan masa depan. Jargon tadi sepertinya pas banget untuk menggambarkan existensi HTML yang telah berusia 10 tahun ini. Ya, 10 tahun untuk ukuran sebuah komunitas motor bukanlah rentang waktu yang singkat. Juga bukan rentang waktu yang tanpa gejolak. Para pendiri HTML pasti tahu dan merasakan jatuh bangunnya perjuangan agar HTML tetap exis. Masa lalu bagi HTML ibarat menyalakan api kebersamaan yang dibangun atas rasa persaudaraan para pengguna motor honda tiger. Dan terbukti “api” itu makin menyala. Marilah kita berharap agar “api” itu bisa menjadi penerang bagi kondisi lalu lintas kita yang masih “gelap” ini. Guna sedikit mengingat awal mula berdirinya HTML 10 tahun yang lalu, berikut saya copy paste-kan untuk anda tulisan bro Dinar, HTML 001 yang saya sadur dari account facebook-nya. Terima kasih bro Dinar, selamat membaca dan Happy 10th aniversary HTML…!!!
****

SATU DEKADE HONDA-TIGER@YAHOOGROUPS.COM, SATU DASAWARSA KOMUNITAS HONDA TIGER MAILING LIST
by Dinar Ariefianto on Monday, October 18, 2010 at 11:48am

Satu Dekade Milis Tiger ini Berdiri.
Persis hari ini ini, 18 Oktober 2000 sepuluh tahun silam, milis honda-tiger@yahoogroups.com dibuat. Niatnya sederhana, memberikan wadah informasi dan komunikasi para pemilik, penggemar dan pemerhati motor produksi Honda berjenis Sport Bike berkode mesin GL-200 bernama Honda Tiger 2000.

Tentu saja, tak ada yang tertarik. Karena pada masa itu internet masih jadi barang langka. Para bikers juga belum melek internet. Mereka lebih nyaman nongkrong di jalan sampai pagi, daripada di depan layar komputer berjam-jam. Yang punya akses internet kala itu memang masih terbatas pada para pekerja kantoran, itupun hanya bagi mereka yang pekerjaannya harus berhubungan dengan informasi terkini dari dunia luar.

Walhasil, milis kosong. Bahkan sang administrator pembuatnya, Dinar Arifiento, baru memulai postingan singkatnya sendiri dua minggu kemudian untuk memancing diskusi. Setelah itu menghilang kembali dan diskusi di milis pun masih bisa dihitung dengan jari. Dua tahun milis honda-tiger stagnan. Tak lebih dari 100 postingan per bulannya.
Group Riding Course HTML @ Bogor. SRC dengan peserta terbanyak

Penghuninya pun tak melulu empunya motor sport Honda, beberapa justru pemilik Suzuki Thunder, Trail, Moge bahkan juga Mocin. Mungkin karena saat itu milis ini adalah satu satunya milis bikers yang ada. “Mengutip ungkapan bikers di luar negeri, Kami tak perduli apa motor anda, tapi kami sangat peduli bagaimana cara mengendarainya,” tulis Dinar di milis kala itu.
Masa-masa suram perlahan tapi pasti terlewati. Seiring penetrasi internet yang semakin tinggi, jumlah penghuni milis pun tak hanya bertambah namun juga lebih aktif. Sekedar bertanya mengenai bengkel rekomendasi, masalah mesin, hingga cela-celaan yang tidak penting.

Tanpa disadari, milis honda-tiger akhirnya menjadi rumah yang nyaman bagi mereka untuk bertukar informasi. Karena faktanya, tidak sedikit bikers yang ingin berinteraksi tapi tak sempat ikut club atau bahkan enggan. Kala itu masuk ke sebuah club motor adalah sebuah ekslusifitas, karena harus menyiapkan waktu lebih untuk aktif dan wajib mengikuti inisiasi calon anggota.


Team Banditos HTML perdana menuju Bali, 2003
 Interaksi yang intens dari rekan rekan di milis ini pun akhirnya menelorkan sebuah komunitas bikers baru yang unik dan khas, cair namun sangat kuat pride-nya, komunitas Honda Tiger Mailing List (HTML) pada 17 Agustus 2002. Pembentukan komunitas HTML setiap tahunnya dirayakan dengan turing napak tilas, untuk meniti perjalanan dan mengikrarkan komitmen yang sama dengan rekan-rekan milis awal yang membangun HTML.

Satu dekade sudah usia milis honda-tiger ini, satu dasawarsa sudah komunitas HTML. Milis adalah rumah induk komunitas HTML, karena disinilah komunitas ini lahir dan berkembang hingga saat ini. Milis ini sekaligus juga menjadi rumah bagi 6.468 subscribernya, tanpa membedakan merek, cc motor, club atau komunitasnya. Karena disinilah dimana brotherhood tak kenal limitasi. Honda-tiger@yahoogroups.com, Where Brotherhood Has No Limit!
Selamat ulang tahun rumah induk kami, honda-tiger@yahoogroups.com. Satu Dasawarsa tentu tak sebentar, terima kasih sudah menjadi rumah diskusi bagi kami semua, dari awal hingga saat ini dan sampai kapanpun juga.
Jakarta. 18 Oktober 2010
Atas nama seluruh
Board of Moderator (BOM) 2000-2010

Penulis: Dinar Ariefianto, HTML 0001
Editor: Suharjo Nugroho, HTML 0002
Photo: sumber diambil dari berbagai sumber di facebook

 Memori penuh persaudaraan, adakah bro disana?

1 komentar:

  1. Keep safety riding ya broo.!!!
    Kalau ada urusan soal stnk, mampir ke lapak ane ya agan - agan?? http://birojasastnk-bogor.blogspot.com/
    Salam pecinta kota Bogor

    BalasHapus